Denny Indrayana Prediksi MKMK Kejutkan Gibran, Baliho Prabowo-AHY Mulai Muncul

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pakar hukum yang juga eks Wamenkumham Denny Indrayana memprediksi Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang diketuai Jimly Asshiddiqie akan bikin kejutan.

Kejutan yang dimaksud Denny Indrayana adalah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Gibran Rakabuming Raka, batal jadi cawapres Prabowo Subianto.

Baca juga: Fokus jadi Menteri, Erick Thohir Dipastikan Tidak Masuk Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran

Hal itu diungkap dalam diskusi bertajuk ‘Konsekuensi Putusan MKMK’, Sabtu (4/11/2023).

Menurut Denny Indrayana, MKMK akan memutuskan terkait dugaan pelanggaran kode etik sembilan hakim MK, Selasa (7/11/2023), dengan hasil yang cukup mengejutkan.

Dari apa yang diungkapkan Jimly Asshiddiqie, kata Denny, tampak jelas bahwa telah terjadi pelanggaran etik dari beberapa hakim MK.

Dikutip dari Tribunnews, Denny Indrayana mengatakan soal syarat Gibran bisa dicoret dari bacawapres.

Hal itu merujuk ada tidaknya putusan dari MKMK atau putusan baru MK yang menyatakan menunda putusan perkara terkait batas usia capres dan cawapres.

Baca juga: PDIP Sebut Pasangan Prabowo-Gibran adalah Neo-Orde Baru Masa Kini

Sehingga konsekuensinya, KPU harus menolak pendaftaran Gibran Rakabuming Raka karena putusan belum disahkan.

“Kalau putusan 90 disoal legitimasinya di MKMK atau ada putusan MK yang menyatakan itu ditunda pelaksanaannya tidak sah,” ujar Denny Indrayana

“Maka KPU harus menolak pendaftaran calon yang menggunakan putusan 90 sebagai dasar,” imbuhnya.

Denny menambahkan, jika putusan benar ditunda menggunakan putusan 90 maka Gibran harus dicoret.

Pasalnya, Gibran dianggap bisa maju jadi bacawapres karena peran sang paman yang tidak lain adalah Ketua Mahkamah Konstitusi.

“Artinya ada kemungkinan penggantian pasangan calon yang menggunakan putusan 90 dalam hal ini Gibran, karena satu-satunya calon yang menggunakan putusan 90 kan Gibran karena pamannya yang membukakan pintu buat dia,” kata Denny.

Baca Juga  Kaido link video twitter
Pasangan Prabowo-Gibran diprediksi kandas, karena adanya putusan MKMK yang membatalkan putusan MK soal batas usia capres cawapres. (Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)

Sementara dikutip dari Antaranews, Ketua MKMK Jimly Asshidiqie menyebut memang ada dampak terkait putusan tanggal 7 November itu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *