Dibuka Dua Hari, Sandiaga Uno Ungkap Transaksi Planogram Goes to Mandalika 2023 Tembus Rp 2,9 Miliar

WARTAKOTALIVE.COM, LOMBOK – Event MotoGP Mandalika (IndonesianGP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit berdampak langsung terhadap geliat ekonomi.

Pasalnya, hanya dalam waktu dua hari, transaksi Planogram Goes to Mandalika 2023 di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mencapai Rp 2,9 miliar.

Kabar baik itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahauddin Uno ketika meninjau Planogram Goes to Mandalika 2023 pada Sabtu (14/10/2023).

Dijelaskannya, Planogram Goes to Mandalika 2023 merupakan instalasi interaktif yang menampilkan 100 merek dari subsektor fesyen, kriya, kuliner, dan intellectual property yang dipilih melalui serangkaian kurasi.

Planogram menjadi ruang promosi produk ekonomi kreatif UMKM seluruh daerah di Indonesia, khususnya NTB yang dapat jadi pilihan wisata belanja para penonton MotoGP Mandalika 2023.

“Kita berkolaborasi menghadirkan planogram dan ini adalah tahun kedua Kemenparekraf melakukan amplifikasi agar produk-produk UMKM kita dapat terlibat sesuai dengan pendekatan yang lebih kekinian, yakni pemasaran secara online dan offline secara bersama,” kata Menparekraf Sandiaga.

Planogram memuat informasi dan foto-foto produk kreatif, beserta QR Code yang akan menyambungkan dengan akun resmi pelaku kreatif di marketplace nasional atau platform penjualan lain (media sosial, website, dan lainnya).

Pembayaran pembelian produk kreatif dapat dilakukan secara cashless menggunakan QRIS yang didukung oleh Bank Indonesia.

Selnjutnya produk kreatif akan dikirim ke lokasi pembeli melalui jasa ekspedisi pengiriman barang.

Selain itu, terdapat juga produk display yang dapat dibeli secara langsung.

Instalasi ini dapat terwujud berkat kolaborasi Kemenparekraf dengan Bank Indonesia, Angkasa Pura 1 Lombok, dan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sandiaga Uno mengatakan planogram menawarkan kemudahan akses belanja dan jangkauan yang lebih luas, sekaligus menjadi perwujudan nyata dari strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Baca Juga  Prabowo Resmi Berpasangan dengan Gibran, Hashim Djojohadikusumo Tegaskan Tidak Ada Dinasti Politik

Konsumen juga dapat merasakan langsung digital experience di booth Planogram.

“Kita memiliki target Rp3 miliar, tapi sampai kemarin (Jumat, 13/10/2023) saja sudah (mencapai) Rp2,9 miliar,” kata Sandiaga.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *