Dinas Perhubungan DKI Siapkan 2.258 Bus AKAP untuk Angkut Penumpang Mudik Lebaran

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR – Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah menyiapkan 2.258 bus antar kota antar provinsi (AKAP) saat arus mudik lebaran  2024.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan ratusan perusahaan otobus (PO) di Jakarta.

“Dari Jakarta kami siapkan 2.258 bus yang dikelola oleh 152 PO yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Syafrin, Jumat (22/3/2024).

Menurut Syafrin, dari data Kementerian Perhubungan RI, ada sekira 28,4 juta jiwa warga Jabodetabek bakal mudik lebaran Idulfitri 2024 ke berbagai daerah.

Oleh karenanya, untuk antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik lebaran, ia sudah menyiapkan bus bantuan.

Baca juga: Korlantas Polri Siapkan Ganjil Genap saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Ini Skemanya

“Saat ini sudah terdata sekitar 150an bus bantuan siap digunakan pada saat terjadi lonjakan penumpang. Bantuan diharapkan bisa mengantisipasi lonjakan yang terjadi nantinya pada puncak arus mudik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan angkutan lebaran untuk masyarakat yang ingin melaksanakan kegiatan mudik ke kampung halaman agar bisa berkumpul dengan keluarga saat Idulfitri 2024.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, dari hasil survei dari Badan Kebijakan Transportasi (BKT) bahwa jelang hari raya Idulfitri dan setelahnya ada kenaikan pergerakan masyarakat ke sejumlah daerah.

Budi mengaku, kenaikan itu sekira 71,7 persen atau sekira 193 juta jiwa rakyat Indonesia.

“Dari angka tersebut, sebesar 14,6 persen atau sekira 28,4 juta warga yang tinggal di Jabodetabek akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2024,” kata Budi Karya melalui zoom, Minggu (17/3/2024). (m26)
 

 



Quoted From Many Source

Baca Juga  Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Serukan Aksi Boikot Produk yang Berafiliasi dengan Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *