Ikatan Bidan Indonesia Ingatkan Pentingnya Air Mineral Bebas BPA untuk Ibu Hamil saat Mudik

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pada momen mudik Lebaran 1445 Hijriah, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik ‘Posko OPOR Bu Bidan’ di beberapa lokasi titik mudik.

Posko OPOR Bu Bidan secara resmi dibuka bertepatan dengan pelepasan rombongan mudik bersama di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (6/4/2024) lalu.

Posko OPOR Bu Bidan merupakan kependekan dari Organisasi Profesi Pro PeRempuan.

Bagi masyarakat yang melaksanakan mudik dapat mengetahui langsung infomasi serta layanan lainnya dengan mengunjungi di Posko OPOR Bu Bidan yang tersebar di berbagai titik, diantaranya :

  • Terminal Pulogebang Jakarta Timur.
  • Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.
  • Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat.
  • Pelabuhan Merak Banten.
  • Beberapa titik mudik lainnya di berbagai daerah di Indonesia yang diselenggarakan oleh perwakilan pengurus IBI di daerah 9 pengurus daerah IBI.

Adapun layanan yang disediakan dalam posko OPOR bu Bidan ini antara lain :

  • Layanan Pemeriksaan Tekanan Darah Perempuan.
  • Layanan Pemeriksaan Suhu Tubuh Perempuan, Bayi, dan Balita.
  • Layanan Pemeriksaan umum ibu hamil.
  • Edukasi seputar kehamilan.
  • Edukasi seputar KB.
  • Edukasi seputar hygiene menstruasi.
  • Edukasi seputar kebutuhan cairan pada masa hamil dan menyusui.

Kegiatan sosial HUT IBI ke-73

Posko OPOR Bu Bidan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial bidang kesehatan Ibu dan Anak dalam rangka memperingati HUT IBI ke-73 dan Hari Bidan Internasional (IDM) Tahun 2024.

IBI telah berperan aktif dalam berbagai upaya guna meningkatkan kualitas kesehatan perempuan, bayi dan balita di Indonesia kapan pun dan dimana pun, tidak terkecuali pada momen mudik lebaran. 

Momen mudik Lebaran 1445 Hijriah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik ‘Posko OPOR Bu Bidan’ di beberapa lokasi titik mudik. Selain itu, IBI juga mengingatkan pentingnya konsumsi air mineral dalam kemasan yang bebas BPA. (istimewa)

Ketua Umum IBI, Ibu Dr. Ade Jubaedah, MM.,MKM menyatakan, salah satu tujuan penting dari dilaksanakannya Posko OPOR Bu Bidan ini ialah untuk mendekatkan layanan kebidanan kepada masyarakat khususnya akses bagi perempuan, ibu hamil, ibu menyusui serta anak balita dalam memperoleh layanan kesehatan selama perjalanan mudik.

“Sebab mereka merupakan kelompok rentan yang perlu mendapatkan perhatian khusus,” ungkap Ade dalam keterangan resmi, Selasa (9/4/2024).

Tenaga bidan profesional

Pelayanan kesehatan di Posko OPOR Bu Bidan diberikan langsung oleh tenaga bidan profesional. Layanan yang disediakan secara gratis tersebut menyediakan berbagai keperluan perempuan, ibu hamil serta anak balita selama melakukan perjalan mudik seperti air minum dengan kemasan yang bebas BPA dan higienis, makan/minuman tambahan bagi ibu hamil dan anak, vitamin, supplement, alat kontrasepsi pil dan kondom, diapers, bayi, serta pembalut wanita.

Para bidan profesional juga memberikan edukasi perihal kesehatan ibu dan anak. Salah satu materi pelayanan yang diberikan ialah upaya mendukung program pemenuhan asupan air minum dengan kualitas mineral yang baik pada ibu hamil dan menyusui.

Kemasan galon air minum bebas BPA



Quoted From Many Source

Baca Juga  Setahun Dipimpin Heru Budi Hartono, Pemprov DKI Raih Beragam Penghargaan dan Apresiasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *