Jelang Puncak Perayaan Waisak, Sebanyak 40 Bhikkhu Thudong Dilepas dari TMII menuju Borobudur

Laporan jurnalis TribunBekasi.com, Rendy Rutama Putra

WARTAKOTALIVE.COM, CIPAYUNG – 40 Bhikkhu Tudong dilepas dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2024).

Pelasan itu dilakukan jelang puncak perayaan hari Tri Suci Waisak 2568 BE yang jatuh pada Kamis (23/5/2024) mendatang sekira pukul 20.52.42 WIB.

Pantauan jurnalis TribunBekasi.com di lokasi, puluhan Bhikkhu Tudong yang berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia itu dilepas dengan runtutan sejumlah prosesi.

Diawali dengan sesi pengambilan lentera air dan menuliskan harapan, seremoni doa lintas agama dan pelepasan satwa, dan diakhiri walking meditation dan larung lentera harapan semesta.

Baca juga: Kesadaran Atas Keberagaman Jadi Tema Hari Raya Waisak 2024

Bante Subin mengatakan agenda jelang puncak Waisak tahun ini berbeda dari tahun 2023.

Tahun ini mereka akan menumpangi sebuah bus untuk pergi ke Semarang, Jawa Tengah, dan dilanjut berjalan kaki ke Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah. 

Sementara tahun 2023 mereka berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur.

“Tahun ini kami mulai dari Semarang berjalan kaki, bukan dari Jakarta, mungkin tiga atau empat hari sampai, dan sebagian dari kami  ada hampir 30 an Bante juga ikut acara yang kemarin dan sekarang ikut lagi,” paparnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan seluruh stakeholders juga menyiapkan penyambutan dan pelepasan Bhikkhu kali ini.

Pihaknya berharap rangkaian acara dari TMII hingga nanti di Candi Borobudur dapat berjalan baik,lancar, dan para Bikkhu dapat menjalankan ibadahnya dengan penuh khidmat.

“Acara penyambutan ini sebagai bentuk penghormatan dan dukungan InJourney Group kepada para Bhikkhu yang akan melakukan perjalanan ke Candi Borobudur dalam rangka ibadah menyambut Waisak 2024,” kata Maya, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga  Viral Video Aksi Petugas Dishub Berada di Kap Mesin Mobil Usai 'Ditabrak' Pengendara

Sebagai informasi, tema acara kali ini mengangkat “Untuk Hidup Bahagia sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran yang Diajarkan oleh Sang Buddha; Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan, dan Kebencian.”

Saat puncak perayaan akan diselenggarakan antara 23- 24 Mei 2024 dengan rangkaian acara, diantaranya Kirab Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, peringatan detik-detik Waisak, pradaksina Candi Borobudur, dan pelepasan lampion Waisak.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *