Terungkap, Iran Sudah Beritahu AS dan Turki Soal Serang Israel, Dalam Batas Tertentu dan Gagal

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Terungkap kabar bahwa Iran sesungguhnya telah memberi tahu Turkiye (Turki) dan Amerika┬áSerikat (AS) sebelum melancarkan operasi serangan ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam.

Tidak hanya itu, Washington (Amerika Serikat) pun disebut telah menyampaikan kepada Teheran (Iran) melalui Ankara (Turkiye) bahwa tindakan apa pun yang diambil harus “dalam batas-batas tertentu”.

Sumber Turkiye yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters, Menteri Luar Negeri Hakan Fidan telah berbicara dengan rekan-rekannya di Amerika Serikat (AS) dan Iran dalam seminggu terakhir.

Pembicaraan antara petinggi negara tersebut diklaim membahas seputar rencana dan kemungkinan perkembangan operasi Iran melawan Israel.

Iran memberi tahu Turkiye soal serangan ke Israel Awal pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Fidan untuk menjelaskan bahwa eskalasi di Timur Tengah bukanlah kepentingan siapa pun.

“Iran memberi tahu kami sebelumnya tentang apa yang akan terjadi. Kemungkinan perkembangan juga muncul selama pertemuan dengan Blinken, dan mereka (AS) menyampaikan kepada Iran melalui kami bahwa reaksi ini harus dalam batas tertentu,” kata sumber tersebut.

Baca juga: Iran Kecele, Iron Dome Israel Ternyata Sukses Redam Rudal Balistik yang Terbang Lima Jam

Sumber mengungkapkan, Fidan berujar kepada rekannya dari Iran melalui panggilan telepon, menyebut tidak ingin ada ketegangan lebih lanjut setelah serangan pesawat tak berawak dan rudal ke Israel.

Menanggapi hal tersebut, Iran mengatakan operasinya merupakan respons terhadap serangan Israel di kedutaan besarnya di Damascus, Suriah, pada 1 April 2024.

Sumber pun melanjutkan, Iran telah menegaskan bahwa operasinya tidak akan lebih dari itu.

Iran, yang bertetangga dengan Turkiye, telah bersumpah akan membalas serangan Israel terhadap konsulatnya di Damascus yang menewaskan tujuh petugas Korps Garda Revolusi Islam.

Baca Juga  Viral, Patung Bung Karno Senilai Rp 500 Juta tapi Wajahnya Tak Mirip, Pemda Minta Dibongkar

Sementara itu, Al Jazeera melaporkan, Fidan turut mengadakan pembicaraan telepon dengan Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron.

“Kedua pejabat sepakat bahwa kawasan tersebut tidak boleh mengalami eskalasi lebih lanjut,” terang sumber diplomatik.

Turkiye menegaskan tak ingin eskalasi lebih lanjut Lihat Foto Iran meluncurkan serangan drone ke arah Israel.(screenshoot) Kementerian Luar Negeri Turkiye kemudian mengonfirmasi kontak tersebut melalui sebuah pernyataan.

Baca juga: Detik-detik Israel Dibantu Amerika Serikat Kewalahan Hadapi 200 Rudal Iran

Turkiye, yang mengecam Israel atas perbuatannya di Gaza, Palestina, menegaskan tidak ingin ketegangan lebih lanjut berlangsung di wilayah tersebut.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *