Tingkatkan Daya Saing, Airmas Dorong Penggunaan Produk Teknologi Dalam Negeri di Instansi Pemerintah

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Sejumlah pejabat Kota Cirebon mengikuti seminar edukasi dan update produk teknologi informasi terbaru bertajuk ‘Solusi Teknologi Berbasis TKDN Bersama Airmas’.

Acara yang digelar di Aston Hotel Cirebon ini, diikuti para Pejabat Pengadaan (PP) dan Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Saya ucapkan terima kasih pada Airmas karena telah memberikan ruang untuk kami berdiskusi dan pada acara hari ini juga dihadiri oleh Bapak Yulianto selaku Direktur Pasar Digital Pengadaan LKPP, beliau adalah orang yang membereskan dan merumuskan terkait pasar digital yang saat ini cenderung sudah hampir dilakukan setiap hari khususnya belanja online,” kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi berdasarkan keterangannya yang dikutip Minggu (24/9/2023).

Menurutnya, perkembangan pasar digital yang semakin pesat saat ini, menjadi tantangan bagi pemerintah dalam menyesuaikan diri agar tidak tertinggal.

Baca juga: LKPP Gandeng UMK-Koperasi Milik Penyandang Disabilitas Terlibat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Salah satu contohnya dengan mengalihkan sistem pengadaan barang dan jasa dari manual/tender ke digital yang dinamakan sistem e-katalog.

Aplikasi ini adalah metode paling praktis dalam melakukan pengadaan barang dan jasa sesuai ketentuan yang bisa langsung dilakukan oleh perangkat daerah.

Tak hanya itu, dalam kegiatan ini juga membahas peraturan terkait diterbitkanya peraturan terhadap penggunaan produk dalam negeri (P3DN) dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Saat ini pemerintah sedang menggalakkan hal itu, dan mewujudkan instruksi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 25 tahun 2020 tentang Lokmat reformasi birokrasi tahun 2020-2024.

Pemerintah terus meningkatkan dan lebih mengoptimalkan untuk penggunaan produk dalam negeri, terutama yang dilakukan pada instansi, lembaga, Kementrian dan Pemerintah Daerah baik bersumber dari APBN atau APBD.

Baca Juga  H-9 Pemilu 2024, 1.500 Narapidana Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang Jalani Perekaman KTP Elektronik

Baca juga: Dinas LH DKI Jakarta Koordinasi dengan BRIN untuk Pengadaan Alat Water Mist di Gedung Bertingkat

Upaya strategis ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi nasional dan mendukung daya saing produk dalam negeri.

Saya berterima kasih kepada Airmas, karena acara seperti ini pastinya berkontribusi dan berdampak kepada perbaikan belanja pemerintah daerah, termasuk mendukung proses belanja purchasing katalog elektronik,” kata Direktur Pasar Digital Pengadaan, Yulianto Prihhandoyo.

Acara ini dihadiri 208 peserta dari seluruh instansi pengadaan barang dan jasa yang berada di kota dan kabupaten Cirebon. Airmas berharap dengan adanya sosialisasi ini, para PP dan PPK menjadi tahu perkembangan produk-produk IT untuk kebutuhan daerahnya secara maksimal.

Baca juga: Teknologi Informasi Semakin Maju, Dunia Pendidikan Beradaptasi karena Kelas Diganti Ruang Virtual

Adapun produk yang dipresentasikan dalam acara ini adalah, Server, PC Notebook, Printer, UPS, Software, Scanner dan Audio visual (Interaktif tv panel) dan perkakas.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *