Tingkatkan Konektivitas, Kemenhub Segera Operasikan KMP Samaeri Rute Padang-Kepulauan Mentawai

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Tingkatkan konektivitas antar wilayah, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Barat segera mengoperasikan kapal komersil KMP Wira Samaeri rute Padang – Kepulauan Mentawai.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat BPTD Kelas II Sumatera Barat bersama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur di Ruang Rapat Kantor BPTD Kelas II Sumatera Barat pada Rabu (21/2/2024).

Turut hadir perwakilan PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Padang, PT. Pelni Cabang Padang, dan PT. Wira Jaya Logitama

“KMP Wira Samaeri telah bersandar di Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus untuk melayani jalur penyeberangan Padang menuju Kepulauan Mentawai,” ujar Kepala BPTD Kelas II Sumatera Barat, Muhammad Majid dalam siaran tertulis pada Rabu (21/2/2024).

Muhammad Majid beserta Kasi Sarana dan Angkutan TSDP, Yugo Kristanto menyambut baik kehadiran KMP Wira Samaeri.

Menurutnya, kehadiran KMP Wira Samaeri dapat memenuhi kebutuhan penyeberangan dari dan menuju Kepulauan Mentawai.

“Kehadiran kapal komersil akan meringankan kebutuhan lalu lintas penyeberangan dari dan menuju Kepulauan Mentawai melalui Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus yang saat ini hanya dilayani 2 kapal milik PT. ASDP Indonesia Ferry yaitu KM. Ambu-ambu dan KM. Gambolo,” ungkap Yugo.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Dedy Diantolani menuturkan rapat koordinasi mengenai penjadwalan operasional layanan kapal ini diadakan untuk menghindari terjadinya tumpang tindih jadwal layanan antara jadwal kapal dari PT. ASDP Indonesia Ferry, kapal perintis, maupun kapal komersil.

“Pembahasan jadwal bersama seluruh stakeholder dan para operator ini juga sebagai bukti transparansi agar tidak ada pihak yang dirugikan,” imbuhnya.

Adapun untuk operasional kapal milik PT. Wira Jaya Logitama tersebut masih menunggu penetapan jadwal.

Namun, telah disepakati bahwa jadwal yang akan dibuat tidak mengubah jadwal eksisting layanan yang telah ada sebelumnya.

Baca Juga  Prabowo Bakal Tambah Kementerian, Pengamat Ujang Komarudin: Harus Perhatikan Kebatinan Publik

Jadwal KMP Wira Samaeri akan disematkan pada hari yang tidak bersamaan dengan layanan kapal dari PT. ASDP Indonesia Ferry.

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *