5 Ide Kegiatan Agustusan Untuk Meriahkan HUT RI Ke-78

Suara.com – Memasuki bulan Agustus 2023, masyarakat Indonesia cenderung memenuhi kebutuhan akan produk yang berkaitan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78.

Saat ini, diungkap Direktur Corporate Affairs Tokopedia, fesyen, Olahraga serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori produk paling laku di Tokopedia pada dua minggu menjelang HUT RI ke-78, dibandingkan rata-rata dwimingguan selama kuartal II 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 3 kali lipat

Melalui Nuraini, Tokopedia membagikan tren belanja online menjelang hari kemerdekaan dan sejumlah ide kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat dalam merayakan HUT RI ke-78.

1. Ikut pawai keliling kota dengan kostum menarik

Baca Juga:Pilihan Twibbon Rayakan HUT RI ke 78 Tahun yang Menarik Dan Bisa Download Gratis

Pawai keliling kota merupakan tradisi populer untuk merayakan momen 17 Agustusan yang memungkinkan masyarakat berkreasi dengan beragam cara. 

Mulai dari membuat atribut karnaval yang menggambarkan semangat patriotik, memilih pakaian adat sebagai penghormatan budaya, atau mengenakan pakaian bertema merah putih.

“Data Tokopedia mencatat, pakaian tradisional, outfit atau busana bernuansa merah putih dan seragam paskibra menjadi beberapa produk fesyen paling laris pada dua minggu menjelang HUT ke-78 RI, dibandingkan rata-rata dwimingguan selama kuartal II 2023, dengan peningkatan jumlah transaksi masing-masing hampir 2x lipat, hampir 6x lipat dan lebih dari 10x lipat,” jelas Nuraini.

2. Berpartisipasi dalam lomba hari kemerdekaan

Di pascapandemi, masyarakat kembali bisa mengadakan berbagai kegiatan lomba untuk memeriahkan momen 17 Agustus. 

Baca Juga:30 Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia 2023 untuk Meriahkan HUT RI Ke-78 Tanggal 17 Agustus

Sejumlah cabang olahraga seringkali dijadikan perlombaan untuk merayakan HUT ke-78 RI, salah satunya badminton. Agar lebih optimal, siapkan sepatu olahraga, pakaian olahraga dan peralatan olahraga lainnya.

Baca Juga  SEA V League 2023 Putaran Kedua: Tim Voli Putri Indonesia Kembali Rebut Peringkat Ketiga

“Produk olahraga, seperti sepatu olahraga, raket tenis serta raket badminton, juga mengalami peningkatan jumlah transaksi pada dua minggu menjelang HUT ke-78 RI, dibandingkan rata-rata dwimingguan selama kuartal II 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat,” ujar Nuraini.

3. Pamer kreativitas dengan dekorasi lingkungan rumah

Di bulan Agustus, masyarakat diimbau untuk memasang bendera merah putih selama satu bulan penuh. Agar lebih semarak, hias area rumah dengan berbagai dekorasi tematik menggunakan atribut merah putih, seperti bendera kecil, umbul-umbul, lampu hias merah putih, atau elemen lain yang mencerminkan semangat kemerdekaan.

“Bendera merah putih dan lampu merah putih menjadi beberapa produk dekorasi yang paling banyak dibeli masyarakat melalui Tokopedia pada dua minggu menjelang HUT ke-78 RI, dibandingkan rata-rata dwimingguan selama kuartal II 2023, dengan peningkatan jumlah transaksi masing-masing lebih dari 60 kali lipat dan hampir 70 kali lipat,” ungkap Nuraini.

4. Rayakan dengan makanan nusantara

Hari kemerdekaan adalah saat yang tepat untuk merayakan warisan budaya termasuk kuliner. Saat momen penting seperti ini, menghidangkan makanan tradisional khas nusantara adalah salah satu cara untuk merayakan identitas dan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

“Melalui Tokopedia NYAM!, masyarakat bisa dengan sangat mudah mendapatkan produk makanan dan minuman khas Indonesia dari sederet pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal. Merayakan libur kemerdekaan dengan menghadirkan kuliner nusantara di rumah bisa lebih menyemarakkan suasana,” ujar Nuraini.

5. Ciptakan suasana kemerdekaan di area kerja

Menjelang HUT RI, kantor-kantor biasanya melakukan aktivitas spesial untuk karyawan seperti lomba khas 17an, lomba kostum terunik, atau berbagai lomba yang melibatkan kerja sama tim. Aktivitas ini biasanya dilakukan untuk sekaligus mempererat bonding antara rekan kerja.

Baca Juga  Demi Masuk Partai Perindo, Aldi Taher Rela Lakukan Hal Ini

“Semua produk kebutuhan termasuk yang berkaitan dengan lomba 17 Agustusan di kantor, seperti balon, kelereng, kerupuk, hingga kado untuk para pemenang, bisa didapatkan masyarakat dengan mudah melalui Tokopedia,” jelas Nuraini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *