Alibaba Cloud Membuka Sumber Kode Model LLM Berparameter 7 Miliar

Suara.com – Alibaba Cloud mengumumkan kontribusi terbarunya terhadap komunitas sumber terbuka (open-source) dengan membuka sumber kode Model Bahasa Besar (Large Language Models-LLM) berparameter 7 miliar yaitu Qwen-7B dan Qwen-7B-Chat, melalui komunitas model kecerdasan buatan ModelScope, dan platform kolaboratif kecerdasan buatan Hugging Face.

Sebelumnya, Alibaba Cloud memperkenalkan LLM miliknya, Tongyi Qianwen, pada April awal tahun ini.

Model canggih ini mampu menghasilkan konten mirip manusia dalam bahasa Mandarin dan Inggris, dengan berbagai ukuran model, termasuk model dengan parameter tujuh miliar atau lebih.

Kali ini, perilisan sumber terbuka mencakup model dengan 7 miliar parameter yang telah dilatih sebelumnya, Qwen-7B, beserta versi yang disesuaikan secara percakapan, yaitu Qwen-7B-Chat.

Baca Juga:Investree Gandeng Credgenics Manfaatkan Teknologi AI dalam Penagihan Pinjaman

Dalam upaya demokratisasi teknologi AI, kode model, bobot model, dan dokumentasi akan dapat diakses secara bebas oleh kalangan akademisi, peneliti, dan lembaga komersial di seluruh dunia.

Untuk penggunaan komersial, model-model tersebut akan dapat digunakan secara gratis oleh perusahaan-perusahaan dengan jumlah pengguna aktif bulanan kurang dari 100 juta.

Ilustrasi Open Source. [Shutterstock]

Program-program dengan jumlah pengguna lebih banyak dapat meminta lisensi dari Alibaba Cloud.

“Dengan menyediakan sumber terbuka untuk model bahasa besar eksklusif, kami ingin mempromosikan teknologi inklusif dan memungkinkan lebih banyak developer dan UMKM untuk mendapatkan manfaat dari AI generatif,” kata Jingren Zhou, CTO Alibaba Cloud Intelligence.

Dia menambahkan, sebagai pendukung dengan komitmen jangka panjang terhadap inisiatif sumber terbuka, diharap pendekatan terbuka ini juga dapat membawa kebijaksanaan kolektif untuk lebih membantu berkembangnya komunitas sumber terbuka.

Baca Juga:Sedot Anggaran Rp130 Miliar Buat Pengadaan Lampu Lalu Lintas Teknologi AI, Jakarta Bakal Bebas Macet?

Baca Juga  Manchester City vs Sevilla: Guardiola Pusing Cari Pengganti Kevin De Bruyne Jelang Piala Super Eropa

Model Qwen-7B telah dilatih sebelumnya pada lebih dari 2 triliun token, termasuk materi berbahasa Mandarin, Inggris, dan multibahasa lainnya, kode, serta matematika, mencakup bidang umum dan profesional.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *