Jokowi Masih Jadi Antitesis Anies Baswedan, Analisis Pengamat Ungkap Posisi NasDem

Pengamat politik Refly Harun menyoroti peluang calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan yang didukung oleh Partai Nasional Demokrat atau NasDem dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Menurut Refly, dukungan NasDem terhadap Anies memiliki dua sisi, positif dan negatif. Ia juga menyebut posisi NasDem dalam spektrum politik di Indonesia.

“Sisi positifnya dulu ya Anies didukung NasDem. Sisi Positifnya adalah NasDem adalah partai nasionalis, partai dalam spektrum politik kita adalah partai nasionalis dalam spektrum tengah kiri bukan tengah kanan,” kata Refly, dikutip Liberte Suara, Jumat (11/8/2023).

Di posisinya itu, lanjut Refly, NasDem merupakan salah satu partai politik (parpol) yang setia dan konsisten mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Baca Juga:Benarkah Raffi Ahmad Beri Separuh Asetnya untuk Jeje Govinda Usai Sang Adik Ketahuan Selingkuh?

“NasDem adalah partai yang ikut dalam masa pemerintahan Jokowi, bahkan dibilang backbone dan dari awal sangat setia ya termasuk deklarator pertama dan sampai sekarang pun masih setia,” jelasnya.

Namun demikian, Anies merupakan pilihan tepat NasDem lantaran tidak ada sosok lain yang lebih rasional dibandingkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Karena itu pilihan terhadap Anies adalah pilihan yang rasional saja tidak luar biasa,” tutur dia.

Sayangnya, pakar hukum tata negara itu mengungkapkan, NasDem yang masih bagian dari parpol pendukung pemerintahan Jokowi tidak dapat mengeksploitasi Anies secara leluasa. 

Alasan utamanya, pemerintahan Jokowi belum berakhir sehingga dukungan Surya Paloh kepada presiden masih berlangsung. NasDem kemudian tidak dapat menyerang Jokowi dalam proses menaikkan performa Anies.

Baca Juga:Perkuat Lini Depan, Everton Rekrut Pemain Belia Portugal

“Negatifnya adalah bagi Anies dia tidak bisa mengeksploitasi antitesis terhadap Jokowi karena dia didukungoleh partai Jokowi juga, partai yang masuk dalam pemerintahan Jokowi,” ungkap Refly.

Baca Juga  Presiden Meksiko Bantah Rumor akan Bergabung dengan BRICS

“Jadi cenderung nanti performa Anies adalah performa yang pasti tidak akan menyerang Jokowi ya, tidak akan mengeksploitasi kelemahan Jokowi karena NasDem termasuk bagian daripadanya,” pungkas dia.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *