Top 3 Dunia: Hacker Korea Utara, Drone Ukraina Serang Kota Rusia, Relawan Niger Siap Perang

TEMPO.CO, Jakarta – Berita terpopuler di kanal Dunia Tempo.co atau Top 3 Dunia sampai Senin pagi ini, 21 Agustus 2023, membahas tentang serangan hacker Korea Utara terhadap latihan militer Korea Selatan-Amerika Serikat yang akan dilakukan pekan ini.

Berita lain yang juga banyak menarik perhatian adalah tentang serangan drone Ukraina yang masuk ke tiga wilayah di Rusia menyebabkan lima warga luka-luka dan penerbangan di bandara Moskow sempat dialihkan.

Tak kalah menarik adalah berita tentang pendukung Junta Militer Niger, yang mendaftar sebagai relawan, menyusul ancaman Blok Afrika Barat akan mengintervensi jika pelaku kudeta tidak memulihkan pemerintahan sipil demokratis.

Hacker Korea Utara Sasar Latihan Militer Korea Selatan-AS 

Hacker asal Korea Utara mencoba mencuri informasi intelijen saat Amerika Serikat dan Korea Selatan sedang latihan militer. Namun, usaha itu dilaporkan tidak berhasil. “Dikonfirmasi bahwa informasi terkait militer tidak dicuri,” kata otoritas Korea Selatan seperti dikutip dari Reuters, Minggu 20 Agustus 2023.

Para peretas Korut telah lama menggunakan email bertipe spear-phishing yang menipu target untuk memberikan kata sandi atau mengklik lampiran. Tautan ini biasanya memuat perangkat lunak berbahaya.

Polisi Korsel dan militer AS melakukan investigasi bersama dan menemukan alamat IP yang digunakan dalam upaya peretasan tersebut cocok dengan yang teridentifikasi dalam serangan peretasan pada 2014 terhadap operator reaktor nuklir Korsel.

Berita selengkapnya bisa Anda simak di sini

Drone Ukraina Serang 3 Wilayah Rusia, 5 Luka-luka dan Penerbangan Dialihkan 

Rusia mengatakan drone Ukraina telah menyerang tiga wilayah terpisah pada hari Minggu, 20 Agustus 2023, melukai lima orang dan memaksa dua bandara di Moskow mengalihkan penerbangan dalam beberapa waktu.

Iklan

Wilayah Kursk dan Rostov Rusia, keduanya berbatasan dengan Ukraina, melaporkan serangan drone sementara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah menghentikan drone Ukraina di wilayah Moskow, menjatuhkannya di daerah tidak berpenghuni.

Baca Juga  Ketahui Apa itu Psoriasis dan Penyebabnya

Pengawas penerbangan Rusia mengatakan telah menghentikan sementara penerbangan ke bandara kota Vnukovo dan Domodedovo sebagai tanggapan.

Berita selengkapnya bisa Anda simak di sini

Junta Niger Terima Ribuan Relawan untuk Lawan Blok Afrika Barat

Pendukung junta Niger pada Sabtu, 19 Agustus 2023, menerima ribuan pemuda sukarelawan yang ingin berperan dalam posisi non-militer pertahananya dalam menghadapi kemungkinan intervensi blok Afrika Barat, ECOWAS.

Ini merupakan tanda dukungan kuat di beberapa kalangan untuk junta, yang menentang tekanan internasional untuk mundur setelah 26 Juli, dalam upaya penggulingan Presiden Mohamed Bazoum.

“Dalam semua kalkulasi dan pemahaman kami, kami tidak pernah berpikir kami dapat memobilisasi (sejumlah orang ini),” kata Younoussa Hima, salah satu penyelenggara inisiatif yang dijuluki “Mobilisasi Kaum Muda untuk Tanah Air”.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *